FKIP Unila Rampungkan Kurikulum 2025, Siap Hadapi Tantangan Pendidikan Modern
-
Aidil
- 26 June 2025

Clickinfo.co.id - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) telah merampungkan finalisasi Kurikulum Program Studi Tahun 2025.
Proses ini merupakan tahap krusial dalam penyusunan kurikulum baru yang akan diterapkan pada seluruh jenjang pendidikan S1, S2, dan S3 di lingkungan FKIP Unila.
Kegiatan finalisasi ini berlangsung di Aula Gedung B FKIP, dihadiri oleh sejumlah pimpinan fakultas, termasuk Dekan FKIP Dr. Albet Maydiantoro, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama Dr. Riswandi, M.Pd., serta Ketua Tim Kurikulum Fakultas Prof. Dr. Een Y. Haenilah, M.Pd., dan Prof. Dr. Neni Hasnunidah, M.Pd., beserta tim kurikulum fakultas dan para koordinator program studi.
Dalam sambutannya, Dr. Albet Maydiantoro menekankan bahwa Kurikulum 2025 dirancang dengan melibatkan seluruh sumber daya manusia di FKIP, memastikan setiap program studi memiliki kekhasan yang relevan dengan perkembangan keilmuan terkini.
"Kurikulum ini disusun untuk merespons tantangan zaman dan perkembangan keilmuan terkini," ujarnya, Kamis, 26 Juni 2025.
Senada dengan Dekan, Dr. Riswandi menambahkan bahwa finalisasi ini adalah hasil dari serangkaian tahapan panjang, mulai dari lokakarya, penyusunan panduan, hingga berbagai workshop dan review di tingkat jurusan.
"Semua proses ini bertujuan untuk menyelaraskan kurikulum dengan standar nasional pendidikan tinggi dan panduan dari Kementerian Dikti Saintek," jelasnya.
Prof. Dr. Een Y. Haenilah mengapresiasi kerja keras tim dan menegaskan bahwa Kurikulum 2025 berfokus pada outcome atau capaian pembelajaran, bukan lagi sekadar konten.
"Program studi harus mampu menerjemahkan visi fakultas dan universitas ke dalam capaian pembelajaran yang konkret dan terukur," katanya.
Sementara itu, Prof. Dr. Neni Hasnunidah menyebut finalisasi kurikulum ini sebagai momen penting dalam membentuk masa depan pendidikan di FKIP.
"Kurikulum adalah peta jalan. Kita harus memastikan ia relevan, adaptif, dan inspiratif," ungkapnya.
Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi kurikulum dari masing-masing program studi, yang memaparkan profil lulusan, capaian pembelajaran, bahan kajian, serta kesesuaian dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti).
Diskusi konstruktif pun terjadi, dengan para peserta memberikan masukan strategis untuk penyempurnaan.
M. Fajril Rivaldo, salah satu perwakilan program studi, mengapresiasi jalannya acara.
"Penekanan pada pembelajaran aktif dan penilaian otentik sangat tepat dalam menghadapi tantangan pendidikan masa kini," komentarnya.
Kegiatan ditutup dengan komitmen bersama untuk segera merevisi dan menyempurnakan dokumen kurikulum berdasarkan masukan yang diterima.
FKIP Unila berkomitmen kuat untuk terus menghadirkan pendidikan tinggi yang bermutu, relevan dengan perkembangan zaman, dan kebutuhan para pemangku kepentingan.
Comments (0)
There are no comments yet